Pages

Cake Tape

Label: , , |

Bahan yang dipergunakan:
  • 150 gram mentega
  •  200 gram gula pasir
  • 1/2 sendok teh vanilla ekstrak, atau 1/4 sendok teh bubuk vanili (optional)
  • 4 butir telur ayam, suhu ruang
  • 175 gram tepung terigu, ayak
  • 200 gram tape singkong, haluskan
  • 150 gram chocolate chips
Cara membuat:
  1. Siapkan loyang  ukuran 23 x 10 cm. Olesi mentega dan taburi dengan tepung terigu pada permukaannya, sisihkan.
  2. Siapkan mangkuk mixer, masukkan mentega dan gula pasir, kocok dengan speed tinggi hingga berwarna putih dan lembut. Tambahkan vanilla ekstrak dan kocok hingga rata.
  3. Masukkan telur, satu per-satu. Pastikan telur tercampur dulu sebelum menambahkan telur berikutnya. Terus kocok hingga mengembang dan kental (ribbon stage).
  4. Turunkan kecepatan mixer menjadi paling rendah, masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit hingga tercampur, kemudian masukkan tape dan chocolate chips, rubah menjadi speed tinggi dan kocok sebentar saja agar tape tercampur baik. Segera matikan mixer, jangan terlalu berlebihan mengocok. Seharusnya ketika terigu dan tape kita masukkan ke adonan telur, kita aduk pelan dan sebentar  saja menggunakan spatula. Tapi tape singkong sangat pekat dan kental sehingga susah tercampur baik, karena itu saya menggunakan mixer dengan kecepatan tinggi agar menjadi adonan yang smooth.
  5. Masukkan adonan ke loyang yang telah disiapkan, ratakan permukaannya dengan spatula. Masukkan adonan ke pengukus yang telah kita panaskan sebelumnya hingga airnya mendidih. Tutup permukaan kukusan dengan kain serbet bersih yang mampu menyerap air, kemudian tutup dengan penutup kukusan. Kukus selama + 45 menit dengan api sedang, jangan buka penutup kukusan selama proses pengukusan ya, agar kue mengembang dengan baik. 
  6. Jika telah matang (pastikan dengan menusukkan tusuk gigi atau lidi ke kue, kue matang jika tidak ada adonan yang menempel di lidi), keluarkan loyang dari dandang kukusan, kemudian balikkan kue ke piring datar.
  7. Biarkan dingin baru potong-potong kue sesuai selera. Cake tape & chocolate chips kukus siap disajikan.

0 komentar:

Followers